Wednesday, 30 November 2022
HomeBeritaDisbudparpora Kota Kediri Tampilkan Kesenian di Anjungan Jawa Timur TMII

Disbudparpora Kota Kediri Tampilkan Kesenian di Anjungan Jawa Timur TMII

Dinas Kebudayan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Kediri (Disbudparpora Kota Kediri) menggelar penampilan Tari Jaranan Kadiren, Lagu Daerah, Fragmen Tari dengan judul “Brantamara Girab” di Performing Arts Anjungan Jawa Timur yang ada di TMII Jakarta,(5/12/2021).

Kepala Disbudparpora, Zachrie Ahmad mengatakan, Kota Kediri mendapatkan kesempatan untuk menampilkan salah satu kesenian ke TMII. Setiap tahun Kota Kediri selalu memberangkatkan perwakilan untuk mengenalkan kesenian asli daerah ke Ibukota Jakarta,” ungkap Kepala Disbudparpora Kota Kediri.

Kegiatan pertunjukan seni ini Sanggar Jaranan Panoleh yang dipandegani oleh Bopo Hary Pratondo ini tampil di TMII dengan cerita Tari Jaranan Kadiren, Lagu Daerah, Fragmen Tari dengan judul “Brantamara Girab”.

Kita mengirimkan duta seni ini dalam kondisi masih pandemi, kita berpikir juga bagaimana nanti kita latihannya di sana dan segala macam akhirnya kita putuskan ya sudah kita berangkat tapi dengan proses yang ketat,” jumlahnya kita juga dibatasi seperti itu sehingga ya mohon maaf dari Mbak Mbak dari Sanyuri,” mohonnya.

Kesenian jaranan di kota Kediri sangat familiar sekali di setiap event mungkin ada pertunjukan-pertunjukan namun kali ini digelar di panggung bukan digelar secara luas biasanya kalau jaranan itu jarang digelar di panggung,” ini menunjukkan bahwa kesenian jaranan ini lebih bagus lagi ya kita harapkan pemahaman terkait dengan jaranan ini tidak dingin lagi ini akan terus kita angkat di mata masyarakat bahwa seni jaranan layak untuk kita tonton,”tuturnya.

Zachrie Ahmad berharap Kesenian Jaranan Kediri dapat berkolaborasi dengan Jaranan Bandung dan Jakarta untuk berkolaborasi untuk menampilkan Kesenian Jaranan yang lebih menarik,”harapnya.

Kami tidak lupa ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada kepala badan penghubung provinsi Jawa timur telah memberikan kesempatan pada pemerintah kota Kediri untuk mengirimkan duta seninya sehingga kami dari pemerintah kota Kediri dengan penampilan seni ini kita juga mempunyai misi juga memunculkan atau meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif lagi di masa pandemi seperti ini.

Pagelaran seni ini Pemerintah Kota Kediri juga membawa UMKM Khas Kota Kediri, seperti, ada kerupuk goreng pasir, sambel pecel, dan tenun tenun ikat serta ada batik khas Kediri.” Dengan pagelaran seni ini bisa membuat obat kangen atas kesenian yang setelah sekian lama fakum adanya pandemi,” pungkasnya. 

BERITA TERKAIT

INSTAGRAM

BERITA POPULER